Dinas Kominfo Kota Malang kembali mengadakan sosialisasi tentang Manajemen Pengelolaan Blog dan Marketing, Balai Kota Malang, 13 Oktober 2015. Acara ini merupakan kelanjutan dari sosialisasi tentang blog yang terdahulu. Peserta dari acara ini adalah pelaku UKM di Kota Malang dan Kelompok Informasi Masyarakat se-kota Malang.
Dalam bahasan materinya, pemateri memberikan gambaran bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia adalah sebesar 88,1 juta dari total jumlah penduduk 252,4 juta. Ini adalah suatu pasar potensial yang sangat mungkin untuk digarap untuk kemajuan perekonomian nasional itu sendiri. Dan dengan internet marketing (IM), memungkinkan penjual dan pembeli bertemu dan melakukan tawar menawar produk jasa maupun barang dengan menghilangkan unsur tempat dan waktu sehingga menambah efisiensi bagi kedua belah pihak.
Disebutkan lagi, bahwa pengguna internet saat ini berdasarkan sebaran umur tersebar antara usia 10 hingga 65 tahun dengan jumlah pemakai terbesar adalah penduduk berusia 18-45 tahun, yang merupakan manusia dengan usia produktif. Dimungkinkan dalam usia tersebut akan mendukung terjadiinya perputaran uang dalam jumlah besar untuk mencukupi kebutuhan mereka, baik barang maupun jasa. Internet marketing sangat memungkinkan untuk dapat mendongkrak popularitas barang barang produk lokal yang bertumpu pada ukm agar dapat dijual di pasar nasional bahkan tidak menutup kemungkinan untuk merambah pasar internasional.
Untuk mencapai hal tersebut, disini dibutuhkan kerja sama yang baik antara pengusaha ukm selaku produsen dan pemerintah sebagai regulator untuk bersinergi sehingga produk lokal dapat go internasional. Pengetahuan bagaimana dapat menjual lewat internet itulah yang harus dipelajari oleh para pelaku pasar agar dapat memaksimalkan dalam penetrasi ke pasar yang lebih luas. Semoga sosialisasi ini dapat berlanjut pada pelatihan internet marketing agar mendapatkan teori sekaligus materi dari pakar internet marketing.
ConversionConversion EmoticonEmoticon