Kota Malang memiliki banyak hotel, ragam kuliner yang murah, dan udara yang sejuk, sehingga para wisatawan betah untuk singgah. Malang terkenal dengan kulinernya yang beragam bahkan lebih dari 100 kuliner di Kota Malang yang bisa dijelajahi. Ada yang sudah berdiri hampir 30 tahun lamanya. Selain kuliner untuk membeli oleh – oleh khasnya tersebar di penjuru jalan mulai dari makanan hingga pernak perniknya. Bagi wisatawan yang pernah singgah ke Malang tak lengkap jika belum mencoba kulinernya. Pemerintah berencana memperkuat pariwisata kuliner di Kota Malang. Target wisata kuliner ini tidak lepas dari potensi yang dimiliki yaitu banyaknya tempat kuliner mulai dari yang biasa sampai hits, selain tempat kuliner Café di Malang juga tersebar yang biasanya untuk nongkrong anak muda atau keluarga. Dengan kata lain dapat juga menambah perekonomian dengan menjual dan mempromosiannya.
Beberapa potensi wisata yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata salah satunya yaitu bisa diakses melalui Kota Malang adalah wisata Gunung Bromo, yang dipanggil menjadi wisata Bromo Tengger Semeru (BTS). Selain itu, banyak pantai yang indah di Kota Malang, seperti Pantai Goa Cina, Pantai Sendang Biru, dan Pantai Kondang Merak. Malang juga memiliki banyak universitas bisa juga dijadikan sebagai potensi wisata yaitu wisata edukasi.
Malang memperkuat potensi wisata kuliner. Sentra kuliner dibangun di samping Taman Krida, Kota Malang. Target wisata kuliner tidak jauh dari potensi yang dimiliki kota malang seperti wilayahnya yang tidak mempunyai potensi wisata buatan dan alamnya seperti di Kota Batu. Malang mempunyai SDM (sumber daya manusia) tetapi tidak punya SDA (sumber daya alam). Malang menyimpan kekayaan kuliner yang melimpah. Tetapi kuliner tersebut belum dikemas dengan baik untuk menarik minat wisatawan.
Pengembangan potensi wisata kuliner kota malang berbasis sumber daya lokal. Sumber daya lokal kota malang cukup beragam dan relative banyak tersedia didaerah. Pengembangan potensi wisata kuliner kota malang berbasis sumber daya lokal bertujuan untuk mengangkat citra makanan berbahan dasar pangan lokal kota malang sehingga banyak diminati oleh masyarakat dan mampu bersaing dengan makanan modern. Potensi sumber daya lokal kota malang antara lain tanaman pangan dan holtikultural. Jenis tanaman pangan yang sedang diusahakan oleh petani setempat yaitu ketela rambat, ketela pohon, jagung, daun kelor, dan buah markisa. Dari hasil pengembangan resep didapatkan beberapa hasil olahan diantaranya scothel ubi jalar, ubi smoothie coklat, rollade daun singkong, roll udag kelor dll. Sumber daya lokal Kota Malang sangat berpotensi sekali untuk dikembangkan. Pengembangan wisata kuliner sangat penting dilakukan, hal ini dikarenakan dalam kegiatan pariwisata terdapat unsur budaya yaitu makanan yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan.
Selain wisata kuliner, potensi wisata yang dikembangkan di kota malang adalah wisata edukasi. Wisata edukasi adalah suatu program yang menggabungkan unsur kegiatan wisata dengan muatan pendidikan didalamnya. Wisata yang disuguhkan di malang tidak hanya wisata pantai, air terjun, dan taman hiburan. Namun terdapat juga wisata yang dapat menambah pengetahuan seperti wisata edukasi di malang yang berpotensi untuk dikembangkan. Salah satu contoh wisata edukasi di kota malang adalah kampong wisata keramik di dinoyo kecamatan lowokwaru malang. Pemandangan di kampung ini bukan pemandangan yang biasa seperti sawah, atau kehidupan khas pedesaan. Di sepanjang jalan banyak sederet toko yang memajang berbagai jenis keramik. Beberapa toko memproduksi keramik sendiri. Berbagai jenis keramik yang dijajakan meliputi mug, vas, cangkir mini, serta berbagai jenis hiasan dan souvenir. Pengunjung yang datang ke kampung ini diperkenankan untuk membuat keramik sendiri. Wisatawan yang berkunjung bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan cara pembuatan keramik. Ada wisata edukasi lainnya dikota malang seperti peternakan tawon rimba raya, milkindo green farm dan lain-lain.
Powered by : www.kimkanuruhan.com/p/travel-malang-yogjakarta.html Travel Malang Jogja PP
ConversionConversion EmoticonEmoticon